Sriwijaya dan Sungai Komring

25/06/2009 14:10

Sriwijaya dan Sungai Komring

sedikit tambahan bahwa dulu sungai komering berhadapan langsung dengan istana keraton yang diperkirakan berada di daerah Pusri dan sekitarnya, terakhir istana dipindahkan ke benteng kuto besak.

dengan begitu keluarga sultan yang mengungsi ke daerah ogan ilir, tentu juga mudah untuk dijangkau atau diserang pihak belanda dengan menyusuri sungai komering, karena lebih dekat jarak dan waktunya, dengan melewati daerah jejawi-sp padang yang berada dipinggiran sungai komering kemudian memotong jalan melewati rawa dalam jejawi, maka akan tembus langsung ke daerah ogan ilir, inderalaya, muara penimbung dsb..

oleh karena itu juga di daerah jejawi - sp padang ini oleh pihak kerajaan dijadikan juga daerah pertahanan, dengan menempatkan panglima perang dari mataram yang terkenal dengan nama Raden Mas Bayangan, dan sering disebut oleh masyarakat jejawi dengan buyut panjang. adapun barang peninggalan dari buyut panjang seperti Senjata Parang, Tombak, Keris, serta silsilah keturunan buyut panjang yang tercantum dalam lembaran kulit kayu yang hampir menyerupai kertas karton, dan cap bendera Mataram, yang terbungkus dalam bumbung bambu, tersimpan baik oleh beberapa orang yang masih punya trah dari buyut panjang.

Selanjutnya memang kalau kita mau membangkitkan semangat SRIWIJAYA kembali, maka betul pertama kali kita harus menggali sejarah kesultanan Palembang. dari situ besar kemungkinan misteri sriwijaya akan lebih banyak lagi yang akan terungkap. jadi semua orang tidak lagi menganalisa sendiri sendiri mengikuti emosional masing masing, semua sejarawan harus kembali kepada data data yang nyata, seperti kain songket, kesenian gending sriwijaya, hiburan lenggang palembang, sejarah berdirinya daerah daerah sekitar palembang serta kalau masih ada peninggalan peninggalan sejarah dikumpulkan semua.

Saya juga pernah dengar dari beberapa ahli sejarah, bercanda tentang kemana saja bukti peninggalan sriwijaya dan kesultanan palembang, pada hilang tanpa sisa, ada yang menjawab, ya mungkin dibawa oleh pihak musuh waktu perang, mungkin juga semuanya dibuang kesungai Musi.

Sriwijaya dan Lintang

sriwijaya iut sudah terbentuk lama banyak para ahli mengatakan sriwijaya ada pada beberapa daerah saya juga berasal dari lintang sumatera selatan, sejarah sumatera selatan sendiri sebenarnya lebih lama dari sriwijaya karena adanya peningggalan berupa candi yang di ketemukan di daerah pagar alam memang belum tergali semua tetapi ini menunjukkan betapa besarnya bangsa sriwijaya karena peninggalan ini diperkirakan sebelum masehi jadi alangkah lamanya bangsa ini sudah bediri adapun mengenai kesultanan palembang itu bukan keturunan raja-raja sriwijaya karena mereka berasal dari daerah jawa yaitu sari kerajaan majapahit jadi sangat bertentangan

—————

Back