Kerajaan Sriwijaya lanjutan

25/06/2009 14:12

Kerajaan Sriwijaya lanjutan

Kalo aq baco dari website luar. Mereka itu lebih mengakui kekuasaan Sriwijaya sebagai satu-satunya kerajaan terbesar di Asia Tenggara. Majapahit yang katony menguasai nusantara itu cuma bo’ong (meragukan). Majapahit itu cuma biso menguasai Jawo bae. Kareno dak katek catetan sejarahnyo. Sriwijaya itu malah pas jaya2nyo menguasai seluruh Sumatera, Jawa, Kalimantan, sedikit Sulawesi, Malaysia, dan sedikit Thailand. Candi Borobudur
itu rasony emang bener yg bangun Sriwijaya kareno sebelumnya Balaputera Dewa itu tinggal di sano. Setelah terjadi perpecahan dan mulai muncul ny kerajaan mataram hindu dio pergi ke tempat kakekny di Palembang.

Sriwijaya dianggep hebat nian kareno dio yang jadi cikal bakal kerajaan melayu di seluruh Sumatera, malaya, dan Borneo( kalimantan). Kerajaan Sriwijaya itu berbeda dengan Kerajaan Palembang dan Kerajaan Palembang Darussalam. Klo dari catetan sejarah Pendiri kerajaan Malaka itu Parameswara yang merupakan anak Raja Sam Agi dari Sriwijaya. Dio pergi dari Sriwijaya akibat kekalahan dengan Majapahit (ekpedisi pamalayu-bener dk). Biarpun kalah dan kerajaan ny pindah ke malaka. Tetep be Majapahit dak pernah biso naro adipatinyo di Palembang. Malah palembang jadi pusat bajak laut cino. Sampe2 Rajo dinasti ming ngirim Laksamana Ceng ho untuk menumpas bajak laut itu. Cerito ttg bajak laut ini terkenal nian. dan cengho inilah yang membentuk komunitas cino di palembang. Sebelumnyo Parameswara ke malay dio ke Singapure dulu cuma gara-gara dak sanggup ngadepi serangan kerajaan Siam, dio ke malaysia dan buat kerajaan lagi disano. Kerajaan malaka ini tetep membina hubungan baek dengan cino cak Sriwijaya dulu. Inilah yang ngakibatke wong luar lebih taw Malaka dibandingke Majapahit. Gawe presiden qt wong jawo jadi cerito majaphit itu dilebih-lebihke nian sampe pacak ngusai nusantara.

Kerajaan Palembang dan Palembang Darussalam itu emang ado hubungannyo dengen jawo. Kerajaan palembang itu didirike oleh Ariodillah pas abad 15, Dio sebenernyo adipati majapahit jadi pas majapahit nk roboh tula baru biso naro adipati di Palembang, gara2 bajak lautny la ditangke Cengho pulo. Dari bininy Putri Campa lahirla Raden Fatah cuma itu bukan anak dio tp anak Rajo terakhir majapahit, Brawijaya V. Setelah majapahit mati kerajaan ini vakum. Trus gara2 ribut2 di Kerajaan demak, Keturunan Pangeran Trenggono (keturunan Radden Fatah jugo) pindah ke Palembang di pimpin Ke Gede Sedo Ing Lautan dan dirike kerajaan Palembang Darusalam neruske kerajaan Palembang yang vakum.

Setelah di Jawo muncul Kerajaan mataram yang Pangeranny itu jugo masih keturunan Raden Fatah maka hubungan Palembang Darussalam dengan mataram akrab nian. Itu la pacak ado panglima mataram itu Raden Mas Bayangan. Lagian Palembang ngeraso dilindungi jugo samo Mataram akibat dari anceman Kerajaan Banten.
Akhirnyo Palembang ancur jugo akibat serangan belando bekali-kali. Trus Rajonyo Sultan mahmud Baddaruddin II di asingke ke maluku. Waktu itu belando nawarke jabatan rajo boneka ck yogya dan solo itu, cuma baddaruddin 2 nolak dan menurut dio kerajaan Palembang darussalam itu di hilangke be. Kareno itu dak katek lagi rajo2 setelah belando bekuasa di palembang.

 

ada satu ajaran peninggalan jaman kerajaan sriwijaya yang sampai saat ini sangat dihargai dan dihormati oleh masyarakat di tibet…

namanya adalah ajaran transformasi pikiran… di tibet di sebut dengan nama Lojong.

ajaran untuk mengubah pikiran menjadi penuh kasih sayang pada semua mahluk tanpa pilih kasih…

orang tibet menyebut orang sumatera jaman sriwijaya dengan sebutan serlingpa…

dan ada dua guru yang berasal dari sriwijaya yang sampai saat ini sangat dihormati di tibet… karena ajarannya … bahkan Dalai lama pun sangat menghormati guru -guru dari sriwijaya ini…

nama guru-guru dari sumatera ini yang sekarang bahkan sudah tidak dikenal namanya di tempat asalnya sendiri adalah…

Dharmakirti dan Dharmaraksita

 

Mengenai bukti klo Sriwijaya yang jadi awal budaya melayu aku tunjukke Sejarah Melayu yang aslinya ditulis sekitar tahun 1511, ditulis kembali dari pelbagai versi, antaranya oleh Abdullah ibn Abdulkadir Munsyi yang menulis kembali teks tahun 1612. Teks yang menceritakan Palembang dari Sejarah Melayu:

….. ada sebuah negeri di tanah Andalas, Perlembang namanya, Demang Lebar Daun nama rajanya, asalnya daripada anak-cucu Raja Sulan; Muara Tatang nama sungainya. Adapun negeri Perlembang itu, Palembang yang ada sekarang inilah. Maka Muara Tatang itu ada sebuah sungai, Melayu namanya; di dalam sungai itu ada sebuah bukit Seguntang Mahameru namanya.

 

 

—————

Back