Sayembara Dibuka Dua Minggu Lagi

16/05/2009 12:50
Pembangunan Gedung DPR
Sayembara Dibuka Dua Minggu Lagi
Gedung baru itu diharapkan menjadi kelanjutan dari masa lalu, masa kini, dan masa depan.
 
Dewan perwakilan Rakyat dalam dua pekan ini akan membuka sayembara pembangunan gedung yang baru. Sayembara ini berlaku untuk tingkat nasional dan internasional.

"Ini supaya go public dan transparan," kata Ketua Tim Peningkatan Kinerja DPR, Eva Sundari, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 14 Mei 2009. "Ini akan melibatkan Ikatan Arsitek Indonesia sebagai jurinya."

Eva menjelaskan tema sayembara ini adalah 'Kedaulatan Rakyat dan Pluralisme'. Nantinya, gedung yang baru itu diharapkan menjadi kelanjutan dari masa lalu, masa kini, dan masa depan.

"Gedung yang sudah ada seperti gedung kura-kura yang merupakan monumen masa lalu merupakan simbol Indonesia. Dengan demikian gedung yang akan dibangun nanti akan menggambarkan masa kini dan masa depan," jelasnya. Menurut Eva, gedung yang baru itu diharapkan menjadi gedung ramah lingkungan dan hemat energi.

Waktu pelaksanaan pembangunan akan diserahkan pada anggota DPR yang baru. "Kami sekarang hanya meletakkan dasar-dasarnya saja," ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan itu.

Darul Siska, anggota Tim Peningkatan Kinerja DPR, menambahkan masterplan gedung itu diharapkan dapat mewakili dan mengakomodir seluruh anggota dewan. Gedung ini juga diharapkan dapat meningkatkan kinerja para anggota dewan. "Sehingga jika ada rapat informal tidak perlu lagi diadakan di hotel-hotel," ujarnya.

—————

Back